METODEOLOGI
PENELITIAN PENDIDIKAN
TAGIHAN 1
;
OLEH
EDWAR LUDEN
1325041011
S1
TELEKOMUNIKASI
JURUSAN
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2016
Judul Buku :
metedeologi penelitian pendidikan
Penelitian pada dasarnya adalah suatu
kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengeahuan yang benar tentang suatu masalah.
Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian terdiri dari fakta, konseo,
generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan
memecahkan masaalah yang dihadapi. Menurut Sugiono, penelitian adalah cara ilmiah
untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Secara garis besar
ada 3 paradigma penelitian yaitu:
1.
Kualitatif ( qualitative research )
2.
Kuantitatif ( quantitative research)
3.
Campuran kuantitatif-kualitatif ( mixed research )
Pengumpulan data yang dimaksud adalah dengan menggunakan metode – metode
ilmia, baik yang bersifat kualitatif, kuantitatif, maupun gabungan, tergantung
tujuan penelitian dan hasil yang ingin diketahui seingga berpengaruh pula pada
paradigma penelitian tersebut.
Judul Buku
: pengantar penelitian dalam pendidikan
Identitas
Buku
Penulis
: Donald Ary, Luchy Cheser Jacobs, Asghar Razavieh
Kota
terbit : Yogyakarta 55167
Penerbit
: PUSTKA PELAJAR
Tahun
Terbit : 2011
Metode penelitian pendidikan adalah
strategi umum yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan,
guna menjawab persoalan yang dihadapi dalam pendidikan.
Tiga kategori yang biasa dipakai
untuk mengelompokan penelitian pendidikan ialah:
1.
Experimental: “suatu penyelidikan ilmiah yang menuntut
peneliti memanipulasi suatu atau lebih variabel bebas serta mengamati variabel
terikat untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan memanifulasi
variabel-variabel tersebut”.
2.
Ex past facto: serupa dengan penelitian experimental
hanya di sini peneliti tidak dapat secara langsung memanipulasi variabel bebas.
3.
Deskriptif: melukiskan danmenafsirkan keadaan yang ada
sekarang. Penelitian ini berkenaan dengan kondisi atau hubungan yang ada.
Judul
Buku : metedeologi
penelitian social dan pendidikan
Proses penelitian ilmiah dimulai
dengan menerangkan apa yang ingi hendak diteliti. Hal ini biasanya berhubungan
dengan masalah praktis dikaitkan dengan konsep ilmiah tertentu. Masalah praktis
dikemukakan dalam bahasa sehari-hari di terjemahkan dalam bahasa menjadi
permasalahan ilmiah. Setelah permasalahan di rumuskan langkah berikutnya dicarikan teori yang menerangkan
tentang permasalahan ilmiah tersebut.
Judul
Buku : metedeologi
penelitian sosial
Identitas
Buku
Penulis
: DR. Ulber sidalahi, MA.
Penerbit
: PT REDIKA ADITAMA
Kota
Terbit : JL.
Mengger Girang No.98 Bandung 40234
Tahun
Terbit : 2012
Metode penelitian ilmiah bertujuan
untuk memberi solusi atas suatu masaalah dan mendapat pengetahuan tentang
sesuatu yang di anggap benar melalui proses observasi. Penelitian ilmiah adalah
penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis tentang fenomena-
fenomena alam dengan dipandu oleh teori dan hipotesis-hipotesis tentang
hubungan yang diduga terdapat antara fenomena – fenomena itu.
L
A
M
P
I
R
A
N
Tidak ada komentar:
Posting Komentar