Kamis, 22 September 2016


METODEOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Description: D:\K U L I A H\LOGO UNM\logo unm.jpgTAGIHAN 1
 ;




OLEH
EDWAR LUDEN
1325041011
S1 TELEKOMUNIKASI



JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016








 Judul Buku    : metedeologi  penelitian pendidikan



Penelitian pada dasarnya adalah suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengeahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian terdiri dari fakta, konseo, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memecahkan masaalah yang dihadapi. Menurut Sugiono, penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Secara garis besar ada 3 paradigma penelitian yaitu:
1.     Kualitatif ( qualitative research )
2.     Kuantitatif ( quantitative research)
3.     Campuran kuantitatif-kualitatif ( mixed research )
Pengumpulan data yang dimaksud adalah dengan menggunakan metode – metode ilmia, baik yang bersifat kualitatif, kuantitatif, maupun gabungan, tergantung tujuan penelitian dan hasil yang ingin diketahui seingga berpengaruh pula pada paradigma penelitian tersebut.


Judul Buku    : pengantar  penelitian dalam pendidikan

Identitas Buku   
Penulis           : Donald Ary, Luchy Cheser  Jacobs, Asghar Razavieh
Kota terbit     : Yogyakarta 55167
Penerbit         : PUSTKA PELAJAR
Tahun Terbit   : 2011

Metode penelitian pendidikan adalah strategi umum yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan, guna menjawab persoalan yang dihadapi dalam pendidikan.
Tiga  kategori yang biasa dipakai untuk mengelompokan penelitian pendidikan ialah:
1.     Experimental: “suatu penyelidikan ilmiah yang menuntut peneliti memanipulasi suatu atau lebih variabel bebas serta mengamati variabel terikat untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan memanifulasi variabel-variabel tersebut”.
2.     Ex past facto: serupa dengan penelitian experimental hanya di sini peneliti tidak dapat secara langsung memanipulasi variabel bebas.
3.     Deskriptif: melukiskan danmenafsirkan keadaan yang ada sekarang. Penelitian ini berkenaan dengan kondisi atau hubungan yang ada.

Judul Buku    : metedeologi  penelitian social dan pendidikan



            Proses penelitian ilmiah dimulai dengan menerangkan apa yang ingi hendak diteliti. Hal ini biasanya berhubungan dengan masalah praktis dikaitkan dengan konsep ilmiah tertentu. Masalah praktis dikemukakan dalam bahasa sehari-hari di terjemahkan dalam bahasa menjadi permasalahan ilmiah. Setelah permasalahan di rumuskan langkah berikutnya  dicarikan teori yang  menerangkan  tentang permasalahan ilmiah tersebut.










Judul Buku    : metedeologi  penelitian sosial

Identitas Buku   
Penulis           : DR. Ulber sidalahi, MA.
Penerbit         : PT REDIKA ADITAMA
Kota Terbit     :  JL. Mengger Girang No.98 Bandung 40234
Tahun Terbit   : 2012

            Metode penelitian ilmiah bertujuan untuk memberi solusi atas suatu masaalah dan mendapat pengetahuan tentang sesuatu yang di anggap benar melalui proses observasi. Penelitian ilmiah adalah penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis tentang fenomena- fenomena alam dengan dipandu oleh teori dan hipotesis-hipotesis tentang hubungan yang diduga terdapat antara fenomena – fenomena itu.












L
A
M
P
I
R
A

N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar